Membaca Al-Qur'an tanpa wudhu hukumnya boleh, namun demikian
disunnahkan sebelum membaca Al-Qur'an itu berwudhu dulu. Hal ini sesuai dengan
pendapat para ulama, di antaranya adalah :
1. Imam Nawawi
يُسْتَحَبُّ
أَنْ يَقْرَأَ وَهُوَ عَلَى طَهَرَاةٍِ فَإِنَّ قَرَأَ مُحْدَثًا جَازَ
بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْأَحَادِيْثُ فِيْهِ كَثِيْرَةٌ مَعْرُوْفَةٌ
Disunnahkan agar seseorang membaca Al-Qur'an dalam keadaan suci.
Jika ia membaca Al-Qur'an tanpa wudhu, maka hukumnya adalah boleh dengan ijmak
umat Islam dan hadits yang menerangkan demikian itu banyak dan telah dimaklumi.
(Kitab At-Tibyan fi Adab Hamalah Al-Qur'an, halaman 54)
أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى جَوَازِ قِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ لِلْمُحْدِثِ
وَالْأَفْضَلُ أَنَّهُ يَتَطَهَّرُ لَهَا
Umat Islam telah sepakat bahwa orang yang tidak mempunyai wudhu
boleh membaca Al-Qur'an, namun lebih utama ia berwudhu dulu sebelum membacanya.
(Kitab Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab, Juz II, halaman 69)
2. Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthi
يُسْتَحَبُّ اْلوُضُوْءُ لِقِرَاءَةِ اْلقُرْآنِ لِأَنَّهُ أَفْضَلُ اْلأَذْكَارِ،
وَقَدْ كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكْرَهُ أَنْ يَذْكُرَ اللهَ إِلَّا
عَلَى طُهْرٍ كَمَا ثَبَتَ فِي الْحَدِيْثِ
Disunnahkan berwudhu ketika membaca Al-Qur'an, karena membaca
Al-Qur'an itu seutama-utama dzikir, sedangkan Nabi saw sendiri tidak menyukai
berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan bersuci. Penjelasan mengenai hal
ini terdapat dalam sebuah hadits yang kuat. (Kitan Al-Itqan fi ulumil Qur'an,
Juz I, halaman 125)
3. Syaikh Wahbah Musthafa Az-Zuhaili
وَاتَّفَقَ
اْلفُقَهَاءُ أَنَّ غَيْرَ اْلمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ اْلقُرْآنِ أَوِ
النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ اْلقُرْآنِ
لِلتَّعَلُّمِ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ وَاْلأَفْضَلُ التَّوَضُّؤُ
4. Sayyid Sabiq
وَأَمَّا
اْلقِرَاءَةُ لَهُ بِدُوْنِ مَسٍّ فَهُوَ جَائِزَةٌ إِتِّفَاقًا
Adapun yang dijadikan dalil oleh para ulama yang menyatakan
bolehnya membaca Al-Qur'an bagi orang yang tidak mempunyai wudhu ialah :
عَلَى عَلِىِّ بْنِ أَبِى طَالِبٍ فَقَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِى الْخَلاَءَ فَيَقْضِى الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ
فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلاَ يَحْجُبُهُ
عَنِ الْقُرْآنِ شَىْءٌ إِلاَّ الْجَنَابَةُ
Dari Ali bin Abi Thalib ,
ia berkata: Rasulullah memasuki
kamar kecil untuk buang air besar, kemudian beliau keluar lalu makan roti dan
daging bersama kami, setelah itu beliau membaca Al-Qur'an. Tidak ada sesuatupun
yang dapat menghalanginya membaca Al-Qur'an kecuali hadats besar. (H. R. Ibnu
Majah no. 637)
Sedangkan yang dijadikan dalil oleh para ulama yang menyatakan
sunnahnya berwudhu dulu sebelum membaca Al-Qur'an ialah :
عَنِ الْمُهَاجِرِ بْنِ قُنْفُذٍ أَنَّهُ سَلَّمَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ
حَتَّى تَوَضَّأَ فَرَدَّ عَلَيْهِ وَقَالَ إِنَّهُ لَمْ يَمْنَعْنِى أَنْ أَرُدَّ
عَلَيْكَ إِلاَّ أَنِّى كَرِهْتُ أَنْ أَذْكُرَ اللهَ إِلاَّ عَلَى طَهَارَةٍ
Dari Muhajir bin Qunfudz, bahwasanya ia memberi salam kepada Nabi
saw saat beliau sedang wudhu, ketika itu Nabi saw tidak menjawab salamnya,
namun setelah beliau selesai dari wudhunya, barulah beliau menjawab salamnya,
lalu beliau bersabda : Sesungguhnya Tidak ada yang menghalangiku untuk menjawab
salammu, melainkan aku tidak mau berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan
suci. (H. R. Ahmad no. 19550, Ibnu Majah no. 377)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar