حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ عَمْرٌو سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ أَتَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَبْدَ اللهِ
بْنَ أُبَيٍّ بَعْدَ مَا أُدْخِلَ حُفْرَتَهُ فَأَمَرَ بِهِ فَأُخْرِجَ فَوَضَعَهُ
عَلىٰ رُكْبَتَيْهِ وَنَفَثَ عَلَيْهِ
مِنْ رِيْقِهِ وَأَلْبَسَهُ قَمِيْصَهُ فَااللهُ أَعْلَمُ وَكَانَ كَسَا
عَبَّاسًا قَمِيْصًا قَالَ سُفْيَانُ وَقَالَ أَبُوْ هَارُوْنَ يَحْيٰى وَكَانَ عَلىٰ رَسُولِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَمِيْصَانِ فَقَالَ لَهُ ابْنُ عَبْدِ اللهِ يَا رَسُولَ اللهِ
أَلْبِسْ أَبِي قَمِيْصَكَ الَّذِي يَلِيْ جِلْدَكَ قَالَ سُفْيَانُ فَيُرَوْنَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَلْبَسَ
عَبْدَ اللهِ قَمِيْصَهُ مُكَافَأَةً لِمَا صَنَعَ
Telah
menceritakan kepada kami 'Ali bin 'Abdullah telah menceritakan kepada kami Sufyan berkata, 'Amru; Aku mendengar
Jabir bin 'Abdullah ra berkata,
Rasulullah saw mendatangi 'Abdullah bin Ubay setelah dimasukkan kedalam
kuburnya, lalu beliau memerintahkan untuk mengeluarkannya. Maka jenazahnya dikeluarkan dan diletakkan di
kedua lutut beliau kemudian beliau meludahi dengan air ludah
beliau dan memakaikan baju gamis (qamis)
beliau. Dan Allah yang lebih
mengetahui. Sebelumnya beliau pernah
memakaikan (memberi) baju kepada 'Abbas. Berkata, Sufyan dan berkata, Abu Harun Yahya: "Bahwa Rasulullah saw
memiliki dua gamis". Maka putra
'Abdullah bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, pakaikanlah
bapakku dengan gamis anda yang telah mengenai kulit anda". Sufyan berkata: "Mereka memandang Nabi saw memakaikan
baju beliau kepada 'Abdullah sebagai
hadiah yang sama seperti yang beliau lakukan (terhadap 'Abbas) ". (H.R. Bukhari no.1350)
حَدَّثَنِيْ عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ
حَدَّثَنَا أَبُوْ عَاصِمٍ أَخْبَرَنَا حَنْظَلَةُ بْنُ أَبِي سُفْيَانَ
أَخْبَرَنَا سَعِيْدُ بْنُ مِيْنَاءَ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ لَمَّا حُفِرَ الْخَنْدَقُ
رَأَيْتُ بِالنَّبِيِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمَصًا شَدِيْدًا فَانْكَفَأْتُ إِلَى امْرَأَتِيْ فَقُلْتُ
هَلْ عِنْدَكِ شَيْءٌ فَإِنِّيْ رَأَيْتُ بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمَصًا
شَدِيْدًا فَأَخْرَجَتْ إِلَيَّ جِرَابًا فِيْهِ صَاعٌ مِنْ شَعِيْرٍ وَلَنَا
بُهَيْمَةٌ دَاجِنٌ فَذَبَحْتُهَا وَطَحَنَتِ الشَّعِيْرَ فَفَرَغَتْ إِلٰى فَرَاغِيْ وَقَطَّعْتُهَا فِي
بُرْمَتِهَا ثُمَّ وَلَّيْتُ إِلٰى رَسُولِ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ
لَا تَفْضَحْنِي بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِمَنْ مَعَهُ فَجِئْتُهُ فَسَارَرْتُهُ فَقُلْتُ يَا
رَسُولَ اللهِ ذَبَحْنَا بُهَيْمَةً لَنَا وَطَحَنَّا صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ كَانَ
عِنْدَنَا فَتَعَالَ أَنْتَ وَنَفَرٌ مَعَكَ فَصَاحَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ
يَا أَهْلَ الْخَنْدَقِ إِنَّ جَابِرًا قَدْ صَنَعَ سُورًا فَحَيَّ هَلًا بِهَلِّكُمْ
فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تُنْزِلُنَّ بُرْمَتَكُمْ وَلَا تَخْبِزُنَّ عَجِيْنَكُمْ حَتّٰى أَجِيْءَ فَجِئْتُ وَجَاءَ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْدُمُ
النَّاسَ حَتّٰى جِئْتُ امْرَأَتِيْ فَقَالَتْ
بِكَ وَبِكَ فَقُلْتُ قَدْ فَعَلْتُ الَّذِي قُلْتِ فَأَخْرَجَتْ لَهُ عَجِيْنًا فَبَصَقَ
فِيْهِ وَبَارَكَ ثُمَّ عَمَدَ إِلٰى
بُرْمَتِنَا فَبَصَقَ وَبَارَكَ ثُمَّ قَالَ ادْعُ خَابِزَةً فَلْتَخْبِزْ
مَعِيْ وَاقْدَحِيْ مِنْ بُرْمَتِكُمْ وَلَا تُنْزِلُوْهَا وَهُمْ أَلْفٌ
فَأُقْسِمُ بِاللهِ لَقَدْ أَكَلُوْا حَتّٰى تَرَكُوْهُ
وَانْحَرَفُوْا وَإِنَّ بُرْمَتَنَا لَتَغِطُّ كَمَا هِيَ وَإِنَّ عَجِيْنَنَا
لَيُخْبَزُ كَمَا هُوَ
Telah
menceritakan kepadaku 'Amru bin Ali telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim
telah mengabarkan kepada kami Hanzhalah bin Abu Sufyan telah mengabarkan kepada
kami Sa'id bin Mina' dia berkata, aku mendengar
Jabir bin Abdullah ra berkata, "Tatkala penggalian parit pertahanan
Khandaq sedang dilaksanakan, aku melihat
Rasulullah saw dalam keadaan lapar. Karena itu aku kembali kepada
isteriku, menanyakan kepadanya, 'Apakah engkau mempunyai makanan? Aku melihat
Rasulullah saw sedang lapar.' Maka dikeluarkannya suatu karung, di dalamnya
terdapat satu sha' (segantang) gandum. Di samping itu kami mempunyai seekor anak kambing. Lalu aku sembelih kambing itu,
sementara isteriku membuat adonan tepung. Ketika aku selesai mengerjakan
pekerjaanku, aku lalu memotong-motong kecil daging kambing tersebut dan aku
masukkan ke dalam periuk. Setelah itu aku pergi menemui Rasulullah saw.
Isteriku berkata kepadaku, 'Janganlah kamu
mempermalukanku dihadapan Rasulullah saw dan para sahabat beliau.' Aku
langsung menemui beliau seraya berbisik kepadanya, 'Wahai Rasulullah! Aku
menyembelih seekor anak kambing milikku, dan isteriku telah membuat adonan
segantang gandum yang kami miliki. Karena itu sudilah kiranya anda datang
bersama-sama dengan beberapa orang sahabat.' Maka Rasulullah saw berteriak:
'Hai para penggali Khandaq! Jabir telah membuat hidangan untuk kalian semua.
Marilah kita makan bersama-sama!" Rasulullah saw lalu berkata kepada
Jabir: 'Jangan kamu menurunkan periukmu dan janganlah kamu memasak adonan
rotimu sebelum aku datang.' Lalu aku pulang. Tidak lama kemudian Rasulullah
datang mendahului para sahabat. Ketika aku temui isteriku, dia berkata,
'Bagaimana engkau ini! Bagaimana engkau ini!
Jawabku, 'Aku telah melakukan apa yang engkau pesankan kepadaku.' Maka
aku mengeluarkan adonan roti kami, kemudian nabi meludahi adonan itu
untuk memberi keberkahan. Setelah itu beliau menuju periuk (tempat memasak kambing), maka beliau meludahi
dan mendo'akan keberkahan kepadanya, sesudah itu beliau berkata kepada isteriku:
'Panggillah tukang roti untuk membantumu memasak. Nanti isikan gulai ke
mangkok langsung dari kuali dan sekali-kali jangan kamu menurunkan periukmu.
'Kala itu para sahabat semuanya berjumlah seribu orang. Demi Allah, semuanya
turut makan dan setelah itu mereka pergi. Tetapi periuk kami masih tetap penuh berisi seperti semula. Sedangkan
adonan masih seperti semula." (H.R. Bukhari no. 4102)
حَدَّثَنِي فَضْلُ بْنُ يَعْقُوْبَ
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَعْيَنَ أَبُو عَلِيٍّ الْحَرَّانِيُّ
حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ قَالَ أَنْبَأَنَا الْبَرَاءُ
بْنُ عَازِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُمْ كَانُوْا مَعَ رَسُوْلِ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ
الْحُدَيْبِيَةِ أَلْفًا وَأَرْبَعَ مِائَةٍ أَوْ أَكْثَرَ فَنَزَلُوْا عَلىٰ بِئْرٍ فَنَزَحُوْهَا فَأَتَوْا
رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَى
الْبِئْرَ وَقَعَدَ عَلىٰ شَفِيْرِهَا
ثُمَّ قَالَ ائْتُوْنِيْ بِدَلْوٍ مِنْ
مَائِهَا فَأُتِيَ بِهِ فَبَصَقَ فَدَعَا ثُمَّ قَالَ دَعُوْهَا سَاعَةً
فَأَرْوَوْا أَنْفُسَهُمْ وَرِكَابَهُمْ حَتَّى ارْتَحَلُوْا
Telah
menceritakan kepadaku Fadlal bin Ya'qub telah menceritakan kepada kami Al-Hasan
bin Muhammad bin A'yun Abu 'Ali Al-Harrani telah menceritakan kepada kami
Zuhair telah menceritakan kepada kami Abu
Ishaq ia berkata; telah memberitakan kepada kami Al-Bara' bin 'Azib ra bahwa mereka pernah bersama Rasulullah saw pada
peristiwa Hudaibiyyah berjumlah seribu empat ratus orang atau lebih.
Kami lalu singgah dan mengambil airnya (hingga tak bersisa setetespun)".
Setelah orang-orang menemui Rasulullah saw,
beliau segera mendatangi sumur itu dan duduk di tepinya, beliau
bersabda; "Bawakan aku bejana berisi air." Setelah bejana diberikan
kepada beliau, beliau meludahinya kemudian berdo'a. Selanjutnya beliau
bersabda: "Biarkanlah sejenak". Setelah itu mereka dapat memuaskan
diri mereka (meminumnya) begitu pula hewan-hewan tungangan mereka hingga mereka
berangkat." (H.R.
Bukhari no. 4151)
حَدَّثَنَا الْمَكِّيُّ بْنُ
إِبْرَاهِيْمَ حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ أَبِي عُبَيْدٍ قَالَ رَأَيْتُ أَثَرَ
ضَرْبَةٍ فِي سَاقِ سَلَمَةَ فَقُلْتُ يَا أَبَا مُسْلِمٍ مَا هٰذِهِ الضَّرْبَةُ فَقَالَ هٰذِهِ ضَرْبَةٌ أَصَابَتْنِيْ يَوْمَ
خَيْبَرَ فَقَالَ النَّاسُ أُصِيْبَ سَلَمَةُ فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَفَثَ
فِيْهِ ثَلَاثَ نَفَثَاتٍ فَمَا اشْتَكَيْتُهَا حَتَّى السَّاعَةِ
Telah menceritakan kepada kami Al-Makki bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami Yazid bin Abu 'Ubaid ia
berkata; "Aku pernah melihat bekas luka pukulan pedang pada kaki (bagian
lutut) Salamah. Aku lalu berkata kepadanya; "Wahai Abu Muslim, luka bekas
pukulan apakah ini?." Dia menjawab; "Ini luka bekas pukulan yang aku
alami pada perang Khaibar. Saat itu orang-orang berkata; "Salamah
terluka" Maka aku mendatangi Nabi saw, lalu beliau meludahi lukaku
sebanyak tiga kali. Setelah itu aku tidak merasakan sakit hingga
sekarang." (H.R.
Bukhari no. 4206)
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ وَاللَّفْظُ لِابْنِ
أَبِي عُمَرَ قَالُوا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيْدٍ
عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى الْإِنْسَانُ
الشَّيْءَ مِنْهُ أَوْ كَانَتْ بِهِ قَرْحَةٌ أَوْ جُرْحٌ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
بِإِصْبَعِهِ هَكَذَا وَوَضَعَ سُفْيَانُ سَبَّابَتَهُ بِالْأَرْضِ ثُمَّ
رَفَعَهَا بِاسْمِ اللهِ تُرْبَةُ أَرْضِنَا بِرِيْقَةِ بَعْضِنَا لِيُشْفَى
بِهِ سَقِيْمُنَا بِإِذْنِ رَبِّنَا قَالَ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ يُشْفَى وَ
قَالَ زُهَيْرٌ لِيُشْفَى سَقِيْمُنَا
Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb serta
Ibnu Abu 'Umar dan lafazh ini miliknya Ibnu Abu 'Umar dia berkata; Telah
menceritakan kepada kami Sufyan dari 'Abdu Rabbih bin Sa'id dari 'Amrah dari
'Aisyah bahwa apabila seseorang mengadukan suatu penyakit yang dideritanya
kepada Rasulullah saw, seperti sakit kudis, atau luka, maka Nabi saw berucap
sambil menggerakkan anak jarinya seperti ini -Sufyan meletakkan telunjuknya ke
tanah, kemudian mengangkatnya- Bismillahi
turbatu ardhina biriiqati ba'dhina liyusyfaa bihi saqiimuna bi
idzni rabbina." (Dengan nama Allah, dengan debu di bumi kami, dan dengan ludah sebagian kami, semoga
sembuhlah penyakit kami dengan izin
Rabb kami). Ibnu Abu Syaibah
berkata; ruqyah tersebut berbunyi; Yusyfaa'. Dan Zuhair berkata; Doa
ruqyah tersebut berbunyi; Liyusyfaa
saqiimunaa.'
(H.R. Muslim no. 5848. Bukhari No.
5745 dan 5746)
Dari
hadits di atas dapat kita lihat bahwa Nabi saw sendiri menjadikan ludah
beliau sebagai berkah, baik untuk menambah jumlah masakan, menyembuhkan penyakit sahabatnya, bahkan untuk
sahabatnya yang telah meninggalpun
beliau meludahinya mungkin denga harapan
semua dosanya diampuni dan semua amal kebaikannya di terima oleh Allah
swt. Lalu bagaimana dengan pendapat orang-orang yang mengingkari kegiatan
tabarruk, ikut siapakah dia. Ikut Nabi saw dan salafus shaleh atau ikut
lainnya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar