Kedudukan shalat
qabliyah maghrib adalah sunnah, banyak hadits yang menerangkan, di antaranya
adalah :
عَنْ عَبْدُ اللهِ الْمُزَنِىُّ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلُّوْا قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ - قَالَ فِى
الثَّالِثَةِ - لِمَنْ شَاءَ كَرَاهِيَةَ أَنْ يَتَّخِذَهَا النَّاسُ سُنَّةً
Dari Abdullah
Al-Muzani, dari Nabi saw beliau bersabda : Shalatlah kalian sebelum maghrib.
Beliau bersabda pada ketiga kali : Bagi siapa yang mau melakukannya, karena
hawatir dianggap menjadi hal yang mesti bagi manusia. (H. R. Bukhari no. 1183)
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ الْمُؤَذِّنُ إِذَا أَذَّنَ
قَامَ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبْتَدِرُونَ
السَّوَارِيَ حَتّٰى يَخْرُجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُمْ كَذٰلِكَ يُصَلُّوْنَ
الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَ الْأَذَانِ
وَالْإِقَامَةِ شَيْءٌ
Dari Anas bin
Malik berkata : Jika seorang muadzin sudah mengumandangkan adzan (Maghrib),
maka para sahabat Nabi saw berebut mendekati tiang-tiang (untuk shalat sunnat)
sampai Nabi saw keluar, sementara mereka tetap dalam keadaan menunaikan shalat
sunnat dua rakaat sebelum Maghrib. Dan di antara adzan dan iqamat Maghrib
sangatlah sedikit (waktunya). (H.R. Bukhari no. 625)
عَنْ مُخْتَارِ بْنِ فُلْفُلٍ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ
عَنِ التَّطَوُّعِ بَعْدَ الْعَصْرِ فَقَالَ كَانَ عُمَرُ يَضْرِبُ اْلأَيْدِى
عَلَى صَلاَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ وَكُنَّا نُصَلِّى عَلَى عَهْدِ النَّبِىِّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ غُرُوْبِ الشَّمْسِ قَبْلَ صَلاَةِ
الْمَغْرِبِ. فَقُلْتُ لَهُ أَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ صَلاَّهُمَا قَالَ كَانَ يَرَانَا نُصَلِّيْهِمَا. فَلَمْ يَأْمُرْنَا
وَلَمْ يَنْهَنَا.
Dari Mukhtar
bin Fulful ia berkata, saya bertanya kepada Anas bin Malik mengenai shalat
tathawwu' sesudah shalat asar. Maka ia menjawab :"Dulu Umar memukul tangan
seseorang karena shalat sesudah Asar. Dan pada masa Rasulullah saw kami biasa
menunaikan dua rakaat setelah terbenamnya matahari dan sebelum shalat Maghrib.
Saya bertanya lagi padanya, Apakah Rasulullah saw pernah melakukannya? Ia
menjawab : Beliau melihat kami melakukannya, namun beliau tidak memerintahkan
kami dan tidak pula melarang. (H. R. Muslim no. 1975)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ صَلاةٍ مَفْرُوضَةٍ،
إِلاَّ وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ.
Dari Abdullah
bin Zubair beliau berkata, Rasulullah saw bersabda : Tidaklah shalat fardlu itu
kecuali diikuti oleh shalat sunnat qabliyah dua rakaat. (H. R.
Thabrani no. 82 dan Ibnu Hibban no. 2499)
Beberapa fatwa
ulama mengenai kesunnahan shalat qabliyah maghrib, di antaranya adalah :
1. Syaikh
Ibrahim Al-Bajuri dalam kitabnya berkata :
وَيُسَنُّ أَيْضًا رَكْعَتَانِ خَفِيْفَتَانِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ ،
فَفِي الصَّحِيْحَيْنِ مِنْ حَدِيْثِ أَنَسٍ : أَنَّ كِبَارَ
الصَّحَابَةِ كَانُوْا يَبْتَدِرُوْنَ السَّوَارِيَ لَهُمَا أَيْ لِلرَّكْعَتَيْنِ
إذَا أَذَّنَ الْمَغْرِبُ
Dan
disunnahkan pula shalat dua rakaat yang ringan sebelum maghrib. Terdapat
keterangan kitab shahih Bukhari dan Muslim,dari hadits riwayat Anas,bahwasanya
pembesar-pembesar sahabat berebut mendekati tiang-tiang (masjid) untuk
melakukan shalat qabliyah maghrib dua rakaat jika telah dikumandangkan adzan
maghrib. (Kitab Hasyiyah Al-Bajuri, Juz I, halaman 137).
2. Syaikh
Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya berkata :
(وَيُسَنُّ) رَكْعَتَانِ خَفِيْفَتَانِ (قَبْلَ الْمَغْرِبِ)
لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :صَلُّوْا
قَبْلَ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ. ولِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : بَيْنَ كُلِّ
أَذَانَيْنِ - أَيْ أَذَانٍ وَإِقَامَةٍ - صَلَاةٌ
Dan
disunnahkan malakukan shalat dua rakaat yang ringan sebelum shalkat
maghrib,berdasarkan sabda Nabi saw : Shalatlah kalian sebelum maghrib. Dan
berdasarkan sabda Nabi saw : Di antara setiap adzan dan iqamah ada shalat.
(Kitab Nahayatuz Zain, halaman 99)
3. Imam
Nawawi dalam kitabnya berkata :
(فَرْعٌ) فِي اسْتِحْبَابِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ
وَجْهَانِ مَشْهُوْرَانِ فِي طَرِيْقَةِ الْخُرَاسَانِيِّيْنَ (اَلصَّحِيْحُ)
مِنْهُمَا اْلإِسْتِحْبَابُ
Suatu cabang
masalah mengenai sunnahnya shalat dua rakaat sebelum maghrib,terdapat dua
pendapat yang telah populer di kalangan ulama Khurasan.Adapun pendapat yang
benar dari keduanya itu adalah pendapat yang menyatakan sunnah. (Kitab Majmu'
Syarah Al-Muhadzdzab, Juz IV, halaman 8)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar