Dinamakan Sya’ban,
karena pada bulan itu terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak, Sya'ban adalah istilah bahasa Arab
yang berasal dari kata syi'ab yang artinya jalan di atas gunung. Oleh karena itu bulan Sya’ban sebagai
waktu untuk menemukan banyak jalan, demi mencapai kebaikan yang banyak.
Puasa di bulan
Sya’ban itu termasuk disunnahkan karena untuk melatih agar nanti ketika
Ramadhan tiba sudah terbiasa dengan puasa. Di bawah ini kami
nukilkan beberapa hadits tentang anjuran puasa di bulan Sya'ban
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ
حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يَصُوْمُ. فَمَا
رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا
مِنْهُ فِى شَعْبَانَ
Dari
Aisyah rah ia berkata : Rasulullah saw biasa berpuasa sehingga aku menyangka
beliau tidak berbuka, dan beliau berbuka sehingga aku menyangka beliau tidak
berpuasa. Dan aku tidak melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa sebulan
penuh kecuali bulan Ramadhan, dan aku tidak melihat beliau berpuasa satu bulan
lebih banyak dari pada di bulan sya'ban. (H. R. Bukhari no. 1969, Muslim no.
2777)
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ لَمْ أَرَكَ تَصُوْمُ
شَهْرًا مِنْ الشُّهُوْرِ مَا تَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ
يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ
الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا
صَائِمٌ
Dari
Usamah bin Zaid dia berkata, Aku bertanya : Wahai Rasulullah saw aku tidak
pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan sebagaimana engkau berpuasa di
bulan Sya'ban. Beliau menjawab : Itulah bulan yang manusia lalai darinya, ia
bulan yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadlan, yaitu bulan yang disana
berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam, aku
senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa. (H. Nasa'i no. 2356)
عَنْ أَبِى سَلَمَةَ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا حَدَّثَتْهُ قَالَتْ لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ
شَعْبَانَ كُلَّهُ، وَكَانَ يَقُوْلُ خُذُوْا مِنَ الْعَمَلِ مَا تُطِيْقُوْنَ،
فَإِنَّ اللهَ لاَ يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوْا، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى
النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا دُوْوِمَ عَلَيْهِ
وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى
صَلاَةً دَاوَمَ عَلَيْهَا
Dari
Abu Salamah bahwa Aisyah rah menceritakan kepadanya, katanya : Rasulullah saw tidak pernah melaksanakan puasa
lebih banyak dalam sebulan selain bulan Sya'ban, yang beliau melaksanakan puasa
bulan Sya'ban seluruhnya. Beliau bersabda : Lakukanlah amal-amal yang kalian
sanggup melaksanakannya, karena Allah tidak akan berpaling (dalam memberikan
pahala) sampai kalian yang lebih dahulu berpaling (dari mengerjakan amal) itu. Dan
shalat yang paling Nabi saw cintai adalah shalat yang dijaga kesinambungannya
sekalipun sedikit. Dan Beliau bila sudah biasa melaksanakan shalat (sunnat) beliau
menjaga kesinambungannya. (H. R. Bukhari no. 1970)
عَنْ أَبِى سَلَمَةَ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِىَ
اللهُ عَنْهَا عَنْ صِيَامِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كَانَ يَصُوْمُ حَتَّى نَقُوْلَ قَدْ صَامَ. وَيُفْطِرُ
حَتَّى نَقُوْلَ قَدْ أَفْطَرَ. وَلَمْ أَرَهُ صَائِمًا مِنْ شَهْرٍ قَطُّ
أَكْثَرَ مِنْ صِيَامِهِ مِنْ شَعْبَانَ كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُوْمُ
شَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيْلاً.
Dari
Abu Salamah ia berkata, saya pernah bertanya kepada Aisyah rah tentang puasa
Rasulullah saw, maka ia pun berkata : Beliau sering berpuasa hingga kami
mengira bahwa beliau akan puasa seterusnya. Dan beliau sering berbuka (tidak
puasa) sehingga kami mengira beliau akan berbuka (tidak puasa) terus-menerus. Dan
aku tidak pernah melihat beliau berpuasa terus sebulan penuh kecuali Ramadlan. Dan
aku juga tidak pernah melihat beliau puasa sunnah dalam sebulan yang lebih banyak
dari pada puasanya di bulan Sya'ban. Beliau berpuasa pada bulan Sya'ban hingga
sisa harinya tinggal sedikit. (H. R. Muslim no. 2778)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar