Orang yang telah melaksanan shalat Ied
pada hari Jum'at diberikan keringanan baginya untuk tidak menghadiri shalat Jum'at
pada hari itu, hal ini berdasarkan sabda Nabi saw :
عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِى رَمْلَةَ الشَّامِىِّ قَالَ شَهِدْتُ
مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِى سُفْيَانَ وَهُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ قَالَ
أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِيْدَيْنِ
اجْتَمَعَا فِى يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ. قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيْدَ
ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ
Dari Iyas bin Abi Ramlah Asy-Syami, ia
berkata : Aku pernah menyaksikan Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan dia bertanya kepada
Zaid bin Arqam : Apakah kamu pernah bersama Rasulullah saw terjadi dua hari
raya terkumpul dalam satu hari? Ia menjawab : Iya (pernah), Mu’awiyah bertanya lagi
: Bagaimanakah yang beliau lakukan. Ia menjawab : Beliau shalat Ied kemudian memberikan keringanan
untuk shalat Jum’at, lalu beliau bersabda : Barang siapa yang hendak shalat
maka shalatlah ia. (H. R. Abu Daud no.1072, Ibnu Majah 1370 dan lainnya)
bagi
Imam, maka wajib baginya mendirikan shalat Jumat dengan yang hadir untuk shalat
Jum’at baik dari orang yang sudah melaksanakan shalat Ied atau yang belum
melaksanakan shalat Ied, jika tidak ada seorangpun yang hadir maka gugurlah
kewajiban shalat Jum'at itu atas imam dan ia melakukan shalat Zhuhur, berdasarkan
hadits :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ قَالَ قَدِ اجْتَمَعَ فِى يَوْمِكُمْ هَذَا عِيْدَانِ فَمَنْ شَاءَ
أَجْزَأَهُ مِنَ الْجُمُعَةِ وَإِنَّا مُجَمِّعُوْنَ
Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw bahwasanya beliau bersabda : Pada
hari ini terkumpul bagi kalian dua hari raya, barang siapa yang ingin
mencukupkan dengan (shalat ied) dari shalat Jum’at, maka itu cukup baginya, tetapi
kami tetap shalat Jum’at bersama. (H.R. Abu Daud no. 1070, Baihaqi no. 6513 dan lainnya)
Dianjurkan bagi imam masjid agar tetap mendirikan shalat Jum’at
supaya orang yang ingin menghadiri shalat Jum’at atau orang yang tidak shalat Ied
bisa menghadirinya. Dalil dari hal ini adalah anjuran untuk membaca surat Al-A’laa dan Al-Ghosiyah
jika hari Ied bertemu dengan hari Jum’at pada shalat Ied dan shalat Jum’at.
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِى الْعِيْدَيْنِ وَفِى الْجُمُعَةِ بِ (سَبِّحِ
اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى) وَ (هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ) قَالَ وَإِذَا
اجْتَمَعَ الْعِيْدُ وَالْجُمُعَةُ فِى يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا
فِى الصَّلاَتَيْنِ
Dari An-Nu’man bin Basyir, adalah Rasulullah saw biasa membaca dalam dua Ied dan
dalam shalat Jum’at “sabbihisma robbikal a’la” dan “hal ataka haditsul ghosiyah”.
An-Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari Ied bertepatan dengan
hari Jum’at, beliau membaca kedua surat
tersebut di masing-masing shalat. (H. R. Muslim no. 2065)
Siapa
saja yang tidak menghadiri shalat Jum’at dan telah menghadiri shalat Ied, maka
wajib baginya untuk mengerjakan shalat Zhuhur sebagaimana dijelaskan pada
hadits yang sifatnya umum.
عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ
قَالَ مَنْ أَدْرَكَ الرَّكْعَةَ فَقَدْ أَدْرَكَ الْجُمُعَةَ، وَمَنْ لَمْ
يُدْرِكِ الرَّكْعَةَ فَلْيُصَلِّ أَرْبَعًا
Dari Ibnu Mas'ud ia berkata : Siapa yang
mendapatkan satu rakaat (bersama imam Juma't) maka dia mendapatkan Jum'atan.
Dan siapa yang tidak mendapatkan rakaat imam maka dia harus shalat Zhuhur. (H.
R. Ath-Thabrani dalam Mu'jam Al-Kanir no. 9431, Abdurrazaq no. 5477)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْدَانٍ
عَنْ جَدَّتِهِ قَالَتْ قَالَ لَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ إِذَا صَلَّيْتُنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مَعَ الْإِمَامِ فَصَلِّيْنَ
بِصَلَاتِهِ، وَاِذَا صَلَّيْتُنَّ فِي بُيُوْتِكُنَّ فَصَلِّيْنَ أَرْبَعًا
Dari Abdullah bin Ma’dan dari neneknya,
beliau menceritakan bahwa Abdullah bin Mas’ud pernah memberikan nasehat kepada
kami (para wanita) : Apabila kalian pada hari Jumat ikut shalat bersama
imam (Jum'atan) maka shalatlah sebagaimana shalatnya imam (dua rakaat). Dan
jika kalian shalat di rumah, shalatlah empat rakaat. (H. R. Ibn Abi Syaibah no.
5154, Abdurrazaq no. 5273).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar